CARA MENGETAHUI LATITUDE - LONGITUDE DI GOOGLE MAP

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengetahuan tentang “mencari titik koordinat pada google map” atau “mencari latitude dan longitude di google map”.

Koordinat lokasi bumi dengan GPS memiliki 2 angka menunjukan garis horisontal dan vertikal.
Diawali dengan 2 koordinat letak bumi dari angka depan latitude (ketinggian) dan angka belakang longitude (panjang)

Ø  Latitude = garis lintang mengarah dari khatulistiwa (0) ke kutub selatan, atau khatulistiwa ke kutub utara (sudut 0-90 dan 0 -90)

Ø  Longitude = garis bujur adalah garis horizontal seperti dari khatulistiwa. Sudut 0 (Greenwich) ke arah Hawai adalah 0-180, sedangkan kebalikannya dari 0 ke -180

Latitude adalah garis yang horizontal / mendatar. Titik 0 adalah sudut ekuator, tanda + menunjukan arah ke atas menuju kutub utara, sedangkan tanda minus di koordian Latitude menuju ke kutup selatan. Titik yang dipakai dari 0 ke 90 derajat ke arah kutub utara, dan 0 ke -90 derajat ke kutub selatan.
Longitude adalah garis lintang. Angka dari sudut bundar bumi horizontal. Titik diawali dari 0 ke 180 derajat, dan 0 ke -180 ke arah sebaliknya. Titik 0 dimulai dari Negara inggris mengarah ke Indonesia akan menjadi angka positif. Kebalikannya koordinat longitude minus adalah arah kebalikan.

Tanpa basa - basi lagi langsung ajha ke TKP:
1.      Anda harus konek ke internet dulu.
2.      Setelah konek internet, langsung buka browser anda dan ketikkan https://maps.google.com/maps . kurang lebih akan muncul seperti di gambar ini

3.      Kemudian ketikan lokasi yang anda ingin cari titik koordinatnya di pencarian google map. Lalu klik search atau tekan “ENTER”.

4.      Maka akan muncul lokasi yang anda cari. Untuk mengetahui latitude dan longitudenya, klik kanan lokasi anda yang sudah di tandai , pilih "cari di sekitar".

5.      Clink ,,, maka akan muncul titik koordinatnya . hee . mudah kan…



Sekian dulu postingan ane semoga bermanfaat . amiinnn ,,,,
Apabila ada kesamaan penulisan ataupun yang lainnya mohon dimaafkan ,,



Comments

Popular posts from this blog

CARA MUDAH MENCARI TITIK KOORDINAT (LATITUDE - LONGITUDE)